Gejala, Tanda, Dan Ciri-Ciri Penyakit Diabetes | SehatGratis Apa Gejala Diabetes Kering

Gejala, Tanda, dan Ciri-Ciri Penyakit Diabetes | SehatGratis

Haii berjumpa kembali di website Herbal Asli Nusantara , pada sesi ini saya akan melakukan pembahasan tentang "Gejala, Tanda, dan Ciri-Ciri Penyakit Diabetes | SehatGratis" secara tuntas, yuk simak selengkapnya ...

Mengenal Gejala Diabetes

Diabetes mellitus (DM) atau yang dikenal sebagai penyakit kencing manis merupakan gangguan kesehatan akibat terlalu banyak kadar gula dalam darah. Oleh karena itu, diabetes sering pula disebut dengan nama penyakit gula darah. Gejala diabetes harus di deteksi sejak dini agar tidak sampai merusak organ tubuh lainnya. Penyakit ini dapat menjalar kebagian tubuh lainnya serta dapat menimbulkan penyakit baru alias komplikasi.

Penyebab utama tingginya kadar gula di dalam darah adalah pola makan yang salah. Selain itu bisa juga dikarenakan faktor keturunan. Jika salah satu anggota keluarga kita terkena diabetes, maka kita juga bisa beresiko terkena diabetes. Penyakit ini memang belum dapat disembuhkan, namun dapat dihindari dengan cara memperhatikan pola makan.

Sangatlah penting untuk mendeteksi gejala diabetes sejak awal sedini mungkin untuk menghindari terjadinya komplikasi. Lantas, bagaimana ciri-ciri jika gula darah naik? Apa sajakah gejala dan tanda – tanda penyakit diabetes yang perlu kita waspadai? Berikut ini ciri2 nya baik pada wanita maupun pria.

Gejala diabetes

Ciri-Ciri Diabetes Penyakit Kencing Manis

Jika terjadi luka mudah membusuk atau luka sulit sembuh

Yang paling mudah untuk dideteksi bagi penderita diabetes adalah adanya luka yang sulit sembuh dan malah menimbulkan nanah. Contoh yang sering kita jumpai adalah luka akibat gigitan nyamuk. Umumnya luka dari gigitan nyamuk akan cepat kering dan sembuh. Namun ini berbeda jika penderita diabetes yang mengalaminya. Luka akibat gigitan nyamuk saja akan sulit sembuh dan bahkan semakin menjadi busuk dan muncul nanah. Maka dari itu penderita kencing manis harus menjaga agar tubuhnya tidak terluka sedikitpun.

Nafsu makan tinggi

Nafsu makan yang tiba-tiba mengalami peningkatan juga harus diwaspadai. Apalagi jika nafsu untuk makan makanan yang manis seperti nasi putih serta suka ngemil yang manis-manis semakin tinggi. Karena ini merupakan gejala awal penyakit diabetes.

Mudah lelah

Tubuh penderita diabetes akan mudah mengalami kelelahan. Hal ini karena tubuh kehilangan banyak nutrisi akibat terlalu tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Untuk menghindari keadaan seperti ini maka penderita diabetes dianjurkan berolahraga minimal selama 30 menit setiap harinya.

Berat badan turun

Jika glukosa tidak dapat diserap oleh tubuh maka tubuh akan mengalami penurunan berat badan yang sangat cepat. Jika ini terjad, maka kita harus segera memeriksakannya ke dokter karena ini juga merupakan sebuah tanda-tanda penyakit diabetes.

Sering kesemutan atau mati rasa

Jika seringkali mengalami kesemutan atau mati rasa pada bagian kaki dan tangan, maka kita juga harus segera memeriksakannya ke dokter karena ini adalah gejala dari penyakit diabetes meelitus. Hal ini juga perlu diwaspadai karena ini dapat menyebabkan rusak serabut saraf.

Ciri-ciri diabetes penyakit kencing manis

tanda gejala ciri penyakit diabetes yang harus diwaspadai

Terdapat infeksi jamur

Orang yang terkena diabetes juga akan mengalami infeksi akibat adanya jamur pada bagian tubuh mereka. Seperti infeksi pada mulut mereka sehingga menyebabkan sariawan. Dan yang lebih parahnya bisa terjadi infeksi pada vagina akibat adanya jamur. Ini umumnya diderita oleh penderita diabetes wanita.

Infeksi pada saluran kemih

Penyakit diabetes juga menyebabkan saluran kemih mengalami infeksi hal ini karena kadar gula darah yang terlalu tinggi. Menurut penelitian yang banyak mengeluhkan tentang gangguan ini adalah kaum perempuan.

Infeksi pada gusi

Ciri-ciri penyakit diabetes yang lain adalah dapat menimbulkan masalah pada gusi seperti infeksi gusi yang berakibata gusi menjadi bengkak, gusi menjadi merah dan berdarah, dan iritasi pada gusi

Mengalami Dehidrasi

Mudah sekali haus juga merupakan salah satu pertanda diabetes. Hal ini karena tubuh semakin sering berusaha mengeluarkan racun melalui buang air kecil tadi sehingga membuat tubuh menjadi gampang dehidrasi. Selain itu, tubuh akan banyak sekali menyerap air untuk menghancurkan gula dalam darah. Sehingga tubuh memerlukan banyak air.

Pegal pada otot dan persendian

Akibat dehidrasi penderita diabetes juga dapat mengalami pegal pada otot dan persendian. Hal ini karena tulang menjadi kering akibat kekurangan cairan. Sehingga ketika anda bergerak maka anda akan merasakan sakit pada otot dan persendian. Jika kita termasuk orang yang sering mengalami pegal pada otot dan persendian namun anda tak melakukan pekerjaan berat. Maka anda wajib segera memeriksakannya ke dokter. Karena ini juga merupakan gejala awal dari diabetes.

Tanda tanda penyakit diabetes

Penyakit diabetes hanya bisa dipastikan dengan jalan tes darah

Pusing dan sering mual

Rasa pusing serta mual juga salah satu dari ciri-ciri diabetes. Baik diabetes basah maupun diabetes kering.

Gangguan penglihatan

Penderita diabetes kerap mengalami gangguan pada penglihatan mereka. Penglihatan yang awalnya normal-normal saja namun kini berubah menjadi kabur dan tidak jelas. Tanda2 diabetes ini umumnya dialami mereka yang menderita diabetes kering. Mata akan mengalami gangguan penglihatan selama kadar gula dalam darah masih tinggi.

Mulut kering

Orang yang menderita diabetes mulutnya akan menjadi kering. Hal ini karena tubuh kekurangan cairan (dehidrasi) akibat terlalu sering buang air kecil.

Bau mulut

Bau mulut juga salah satu gejala2 bahwa seseorang terkena serangan diabetes. Umumnya ini akan dialami orang yang menderita diabetes kering.

Kaki membengkak

Jika kaki membengkak dan terlihat lebih besar dari ukuran biasanya maka kita harus waspada, karena ini juga salah satu gejala dari penyakit diabetes atau kencing manis. Dan kita harus memeriksakannya ke dokter secepatnya.

Kulit menjadi gatal

Ketika merasa kulit gatal padahal kita tidak digigit nyamuk atau tidak alergi maka kita juga harus waspada apalagi jika sampai iritasi dan menimbulkan luka. Karena kulit gatal adalah indikasi awal dari penyakit gula.

Mudah mengantuk

Jika sering mengantuk tiba-tiba padahal malam harinya tidak begadang dan sudah tidur cukup, maka kita harus mawas diri. Karena ini merupakan gejala dari diabetes basah.

Nah itulah tadi beberapa gejala tanda dan ciri-ciri penyakit diabetes yang wajib kita waspadai. Jika diantara kita ada yang mengalami seperti tanda-tanda diatas bisa jadi kita telah terkena gula darah tinggi. Untuk memastikan ciri-ciri yang muncul tersebut, segera periksakan diri ke dokter. Kesimpulan medis bahwa seseorang menderita diabetes hanya bisa dipastikan melalui tes darah.

Begitulah pembahasan "Gejala, Tanda, dan Ciri-Ciri Penyakit Diabetes | SehatGratis" terima kasih atas kunjungannya

artikel ini dikelompokkan ke dalam kategori

artikel ini bersumber dari https://www.sehatgratis.com/gejala-tanda-dan-ciri-ciri-penyakit-diabetes/

Posting Komentar untuk "Gejala, Tanda, Dan Ciri-Ciri Penyakit Diabetes | SehatGratis Apa Gejala Diabetes Kering"