Gejala Diabetes Dan Beda Tanda Spesifik Antara Tipe 1 Dan 2 Gejala Diabetes Rendah

Gejala Diabetes Dan Beda Tanda Spesifik Antara Tipe 1 Dan 2

Hi bersua kembali di website Herbal Asli Nusantara , pada sesi ini penulis akan memberikan penjelasan tentang "Gejala Diabetes Dan Beda Tanda Spesifik Antara Tipe 1 Dan 2" dengan jelas, mari simak selengkapnya ...

Gejala Diabetes Dan Beda Tanda Spesifik Antara Tipe 1 Dan 2

Gejala diabetes. Secara umum, Gejala dan Tanda-tanda diabetes untuk tipe 1 dan 2 pada usia muda atau orang dewasa ditandai sering haus serta sering buang air kecil. Output urine yang kontinue akan membuat kurangnya cairan tubuh sehingga kemungkinan besar akan mengakibatkan dehidrasi jika tidak segera diatasi.

Gejala diabetes pada tipe 1 dan 2 ini harus diimbangi dengan cukup minum untuk menggantikan jumlah urin yang keluar. Selain itu, gejala awal yang spesifik dirasakan oleh calon pasien diabetes mellitus selain rasa haus dan output urine adalah termasuk: kehilangan berat badan, penglihatan kabur, dan gatal-gatal di sekitar alat genital.

Gejala diabetes

Ciri-ciri diabetes pada usia dewasa biasanya tanpa disertai tanda-tanda medis yang jelas sehingga vonis diabetes mengacu pada tes urine pasien secara rutin.

Gejala Diabetes Dan Beda Tanda Spesifik Antara Tipe 1 Dan 2

1. Haus dan sering buang air kecil – gejala diabetes

Gejala diabetes. Pada orang normal tanpa diabetes yang sering buang air kecil, biasanya mengeluarkan sekitar 1,5 liter urin per hari, tapi pada orang dengan gejala diabetes melitus, output urine tidak terkendali, bahkan dapat mengeluarkan urin 5 kali dari jumlah itu.

Output urine akan terus membuat tubuh dehidrasi dan sensasi rasa haus berlebihan adalah peringatan bahwa mereka akan mendapat gejala awal diabetes mellitus, kecuali mereka minum yang cukup untuk menggantikan jumlah cairan terbuang sehingga resiko dehidrasi dapat dicegah.

Kadang, orang-orang yang tidak memiliki penyakit diabetes melitus juga dapat mengeluarkan urin dalam jumlah besar, misalnya seorang peminum berr sebagian besar tahu tentang efek dari 5 liter berr yang biasa mereka minum.

Dalam hal ini, volume berr lah yang mengakibatkan peningkatan volume urin tanpa timbul rasa haus. Sementara itu pada pasien dengan gejala diabetes, volume besar output urin akan menyebabkan sensasi rasa haus yang berlebihan. Rasa haus dan sering kencing dikenal sebagai .

Pada orang dengan tahap awal dari penyakit diabetes melitus, rasa haus biasanya dianggap sepele, kebanyakan orang tidak menyadari pentingnya sensasi rasa haus, kecuali mereka telah memiliki beberapa pengalaman pribadi yang berhubungan dengan penyakit diabetes melitus.

Seseorang dengan gejala penyakit diabetes yang belum terdiagnosis akan sering membawa tempat air hingga tempat tidurnya, bangun di malam hari untuk memuaskan dahaga dan buang air kecil, namun masih tidak menyadari bahwa ada sesuatu yang salah dalam dirinya.

Akan sangat baik jika lebih banyak orang tahu dan menyadari bahwa rasa haus yang timbul membuat sulit adalah gejala awal dari penyakit diabetes melitus.

2. Kehilangan berat badan

Tanda-tanda dan gejala diabetes. Akibat penurunan fungsi insulin, tubuh tidak dapat menggunakan glukosa untuk kebutuhan energi atau sebagai cadangan pati dan lemak.

Akibatnya, jaringan tubuh dipecah untuk membentuk glukosa dan (pada penderita diabetes, sejumlah keton ditemukan dalam urin), mengakibatkan hilangnya lemak serta cadangannya berkurang sehingga orang dengan gejala diabetes mellitus akan mengalami kehilangan dari berat badan.

Bahan bakar utama bagi tubuh adalah glukosa yang diperoleh dari pencernaan makanan yang mengandung gula atau pati. Pasien dengan diabetes yang tidak diobati tidak dapat menggunakan glukosa sebagai bahan bakar atau menyimpan dengan cara yang biasa. Glukosa yang tidak terpakai akan menumpuk dalam aliran darah dan meluap ke dalam urin.

Seseorang yang memiliki gejala penyakit diabetes melitus, baik tipe 1 dan 2 yang tidak terkontrol bisa kehilangan sebanyak 500 gram glukosa dalam urin mereka dalam 24 jam.

Siapa pun yang mencoba untuk menurunkan berat badan tahu bahwa jumlah gula adalah sama dengan jumlah kalori.

Kalori yang terkandung dalam urin hilang dari tubuh dan keluar dari sumber cadangannya. 500 gram glukosa yang hilang setara dengan 10 roti kismis (2000 kalori per hari). Baca:

3. Gatal di sekitar alat genital

Gatal di sekitar vulva dapat terjadi pada pasien perempuan dengan gejala diabetes tidak terkontrol. Bahasa medis untuk gejala diabetes pada perempuan disebut .

Keluhan yang sama dapat terjadi pada pria ketika ujung g3nital terasa sakit (balanitis). Kulit g3nital juga terkena lalu menebal (phimosis) sehingga menghalangi kulit tertarik kembali sehingga sulit untuk menjaga genital agar tetap bersih.

Masalah yang terjadi pada alat g3nital adalah hasil dari suatu proses tertentu semisal infeksi jamur terutama jenis candida yang berkembang karena konsentrasi glukosa yang tinggi dengan kontrol diabetes yang buruk.

Jika Anda dapat mengontrol diabetes dengan baik, gatal ataupun nyeri biasanya menghilang. Krim anti jamur dari dokter atau apoteker dapat mempercepat penyembuhan, tetapi hanya berlaku jika glukosa hilang dari urin. Baca:

4. Penglihatan kabur – gejala diabetes

Lensa mata berfungsi untuk memfokuskan gambar pada retina. Penglihatan kabur biasanya merupakan perubahan sementara yang dapat dikoreksi dengan memakai kacamata. Lensa mata menjadi bengkak bila gejala diabetes yang tidak terkendali sehingga Anda bisa mendapat resiko rabun jauh.

Ketika penyakit diabetes melitus dapat dikendalikan, lensa mata akan kembali normal.

Jika Anda baru didiagnosis dengan diabetes dan mendapat penglihatan kabur, sebaiknya Anda menunggu selama beberapa minggu setelah kadar gula darah turun dan sebelum mengunjungi optik untuk membeli kacamata baru.

Penglihatan kabur dapat membaik dengan sendirinya dan kacamata baru mungkin tidak diperlukan.

Pandangan kabur yang paling serius yang disebabkan oleh gejala diabetes adalah kerusakan pada retina (retinopati). Retina adalah “piring atau plat fotografi” di belakang mata.

Perubahan kecil dalam retina terakhir terjadi selama beberapa tahun sehingga orang tidak menyadari bahwa itu adalah bagian dari gejala diabetes mellitus. Dalam hal ini (retinopati), retina mungkin telah rusak ketika didiagnosis.

Dalam kasus yang sangat langka, lensa mata akan rusak secara permanen (katarak) ketika diabetes di luar kendali. Kerusakan ini dapat diobati dengan menghilangkan katarak dan menggantinya dengan lensa buatan.

5. Kelelahan, atau selalu merasa lelah.

Pada penyandang diabetes melitus, tubuh tidak efisien bahkan tak mampu glukosa untuk bahan bakar sehigga energi diambil dari lemak tubuh. Tentu saja metabolisme lemak butuh lebih banyak energi sehingga menimbulkan kelelahan.

6. Makan berlebihan (polifagia).

Jika tubuh mampu mengatasi, pankreas akan mengeluarkan lebih banyak insulin untuk mengelola kadar gula darah. Namun, tubuh menolak tindakan insulin. Salah satu fungsi insulin untuk merangsang rasa lapar.

Oleh karena itu, ketika kadar insulin tinggi menyebabkan peningkatan rasa lapar, dikenal istilah . Meskipun mereka makan lebih banyak, tetapi pasien diabetes mungkin mendapatkan kenaikan sedikit berat badan dan bahkan mungkin menurunkan berat badan.

7. Luka sulit sembuh.

Patofisiologinya, ketika kadar gula darah tinggi akan mencegah tindakan sel-sel darah putih, yang berperan penting dalam pertahanan tubuh terhadap bakteri.

Ketika sel-sel ini tidak berfungsi dengan baik, penyembuhan luka memakan waktu lebih lama dan infeksi lebih sering mengancam.

Selain itu, gangguan sirkulasi darah akibat penebalan pembuluh darah menghambat transportasi oksigen dan nutrisi lainnya ke seluruh jaringan tubuh.

9. Perubahan mental.

Agitasi, lekas marah tanpa sebab jelas, tingkat konsentrasi yang lemah, lesu ekstrim, atau kebingungan semua itu menjadi tanda gula darah yang sangat tinggi, ketoasidosis, hiperosmolar hiperglikemia sindrom nonketotic, atau hipoglikemia (gula rendah)

Selain beberapa gejala diabetes yang dijelaskan di atas, seseorang kadang-kadang memiliki gejala diabetes ketika ia menderita kondisi medis seperti serangan jantung atau infeksi pada kaki. Kasus-kasus seperti diabetes yang terdiagnosis sebelumnya adalah penyebab utama dari masalah baru.

Pesan penting, meskipun gejala penyakit diabetes melitus ini dapat dianggap “ringan” saja, penyakit ini dapat menyebabkan masalah yang lebih serius, solusinya adalah memeriksa setiap keluhan kepada dokter Anda.

Beda gejala antara diabetes tipe 1 dan 2

Ada dua jenis utama diabetes: tipe 1 dan tipe 2. Kedua jenis diabetes adalah penyakit kronis yang mempengaruhi cara tubuh Anda mengatur gula darah, atau glukosa.

Glukosa adalah bahan bakar yang memberi makan sel-sel tubuh Anda, tetapi untuk memasuki sel Anda perlu kunci. Insulin adalah kunci itu.

Kedua jenis diabetes ini dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi secara kronis. Itu meningkatkan risiko komplikasi diabetes.

  • Orang dengan diabetes tipe 1 tidak memproduksi insulin. Anda dapat menganggapnya sebagai tidak memiliki kunci.
  • Orang dengan diabetes tipe 2 tidak merespon insulin sebagaimana mestinya dan kemudian pada penyakit ini sering tidak menghasilkan insulin yang cukup. Anda dapat menganggap ini sebagai kunci yang rusak.
  • Orang dengan diabetes tipe 1 juga mungkin mengalami lekas marah dan perubahan suasana hati, dan secara tidak sengaja menurunkan berat badan.
  • Orang dengan diabetes tipe 2 mungkin juga mati rasa dan kesemutan di tangan atau kaki mereka.
  • Banyak orang dengan diabetes tipe 2 tidak akan memiliki gejala selama bertahun-tahun. Kemudian, sering kali gejala diabetes tipe 2 berkembang perlahan seiring berjalannya waktu. Beberapa orang dengan diabetes tipe 2 tidak memiliki gejala sama sekali dan tidak menemukan kondisi mereka sampai komplikasi berkembang.
  • Gejala-gejala diabetes tipe 1 berkembang dengan cepat, biasanya selama beberapa minggu. Diabetes tipe 1, yang dulu dikenal sebagai diabetes remaja, biasanya berkembang pada masa kanak-kanak atau remaja. Tetapi mungkin untuk mendapatkan diabetes tipe 1 di kemudian hari.
  • Pada diabetes tipe 1, Sistem kekebalan tubuh bertanggung jawab untuk melawan penjajah asing, seperti virus dan bakteri berbahaya. Sistem kekebalan salah mengira sel-sel sehat tubuh sendiri untuk penyerbu asing. Sistem kekebalan menyerang dan menghancurkan sel beta penghasil insulin di pankreas. Setelah sel beta ini dihancurkan, tubuh tidak dapat memproduksi insulin.
  • Orang dengan diabetes tipe 2 memiliki resistensi insulin. Tubuh masih memproduksi insulin, tetapi tidak dapat menggunakannya secara efektif.
  • Faktor genetik dan lingkungan lainnya juga dapat berkontribusi. Ketika Anda menderita diabetes tipe 2, pankreas Anda akan mencoba menggantinya dengan memproduksi lebih banyak insulin. Karena tubuh Anda tidak dapat menggunakan insulin secara efektif, glukosa akan menumpuk di aliran darah Anda.
  • Faktor risiko untuk diabetes tipe 1 meliputi:
    • Riwayat keluarga: Orang dengan orang tua atau saudara kandung dengan diabetes tipe 1 memiliki risiko lebih tinggi terkena sendiri.
    • Usia: Diabetes tipe 1 dapat muncul pada usia berapa pun, tetapi paling sering terjadi pada anak-anak dan remaja.
    • Geografi: Prevalensi diabetes tipe 1 semakin jauh dari khatulistiwa.
    • Genetika: Kehadiran beberapa gen menunjukkan peningkatan risiko terkena diabetes tipe 1.
    • Diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah.
  • Anda berisiko terkena diabetes tipe 2 jika Anda:
    • menderita prediabetes (kadar gula darah sedikit meningkat)
    • kelebihan berat badan atau obesitas
    • memiliki anggota keluarga dekat dengan diabetes tipe 2
    • berusia di atas 45 tahun
    • secara fisik tidak aktif
    • pernah menderita diabetes gestasional, yaitu diabetes selama kehamilan telah melahirkan bayi dengan berat lebih dari 9 kilogram
    • memiliki
    • memiliki banyak lemak perut
  • Manajemen nutrisi adalah bagian penting dari kehidupan bagi orang yang hidup dengan diabetes.
    • Jika Anda menderita diabetes tipe 1, bekerja dengan dokter Anda untuk mengidentifikasi berapa banyak insulin yang mungkin perlu Anda suntikkan setelah makan jenis makanan tertentu. Misalnya, karbohidrat dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat dengan cepat pada orang dengan diabetes tipe 1. Anda harus mengatasi ini dengan menggunakan insulin, tetapi Anda harus tahu berapa banyak insulin untuk dikonsumsi.
    • Penderita diabetes tipe 2 perlu fokus pada makan sehat. Penurunan berat badan sering menjadi bagian dari rencana perawatan diabetes tipe 2, sehingga dokter Anda dapat merekomendasikan rencana makan rendah kalori. Ini bisa berarti mengurangi konsumsi lemak hewani dan junk food (cepat saji).

Gejala Diabetes pada orang dewasa

Banyak orang percaya bahwa hanya anak-anak yang menderita diabetes tipe 1, tetapi penyakit ini dapat muncul pada usia berapa pun.

Gejala diabetes tipe 1

Dokter mungkin tidak mendiagnosis diabetes tipe 1 dengan benar pada orang dewasa, karena gejala nya bisa kurang menonjol. Mereka juga mungkin salah mengira kadar glukosa tinggi sebagai tanda diabetes tipe 2 dan merekomendasikan diet, olahraga, dan obat baru.

Ketika gejala muncul, biasanya termasuk:

  • penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan
  • haus ekstrim
  • sering buang air kecil
  • Pandangan yang kabur
  • penyembuhan luka dan memar yang lambat

Gejala Diabetes tipe 2

Mungkin sulit untuk mengenali gejala diabetes tipe 2. Beberapa orang mungkin hanya menemukan bahwa mereka telah meningkatkan kadar gula darah selama pemeriksaan rutin dengan dokter.

Gejala diabetes tipe 2 dapat meliputi:

  • disfungsi ereksi
  • sifat lekas marah
  • sensasi gatal
  • infeksi berulang, terutama pada alat kelamin, mulut, saluran kemih, dan kulit
  • sering kelelahan
  • penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan
  • mulut kering
  • mati rasa atau terbakar di kaki

Pentingnya mengenal gejala penyakit diabetes sejak awal

Semakin dini diagnosis diabetes, semakin cepat pengobatan dapat dimulai. Sangat penting bahwa orang dengan kedua jenis diabetes mengatur kadar gula darah mereka untuk menghindari hiperglikemia.

Hiperglikemia adalah istilah medis untuk kadar gula tinggi dalam darah. Hal ini dapat terjadi jika diabetisi tidak mengelola kondisi mereka atau tidak dapat mematuhi rencana perawatan mereka.

Tanpa pengobatan, hiperglikemia bisa mengancam jiwa. Ini karena itu menyebabkan penumpukan keton, yang terbentuk sebagai produk sampingan ketika tubuh memecah lemak untuk bahan bakar. Penumpukan keton yang mengancam jiwa disebut .

Masalah ini dapat menyebabkan:

  • mual dan muntah
  • sesak napas
  • mulut yang sangat kering
  • nafas berbau buah

Deteksi dini dan pengobatan diabetes tipe 1 dan tipe 2 juga dapat membantu orang menghindari komplikasi kesehatan serius lainnya di kemudian hari. Ini termasuk:

  • amputasi ekstremitas
  • penyakit jantung
  • pukulan
  • gagal ginjal
  • kehilangan penglihatan

Konsep penting edukasi gejala

Memahami tanda dan gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2 dapat membantu seseorang memulai pengobatan pada tahap sebelumnya. Semakin cepat seseorang mulai mengelola kondisi, semakin baik peluang mereka untuk menghindari komplikasi kesehatan jangka panjang.

Siapa pun yang khawatir bahwa mereka atau anak mereka mungkin menderita diabetes harus mengunjungi dokter untuk memeriksa kadar gula darah mereka dan menentukan apakah mereka memiliki kondisi ini atau tidak.

Referensi

  • Diabetes symptoms. (2018, August 29)

Update: 17 pebruari 2020

Begitulah pembahasan "Gejala Diabetes Dan Beda Tanda Spesifik Antara Tipe 1 Dan 2" terima kasih atas kunjungannya

artikel ini dikelompokkan ke dalam kategori

artikel ini bersumber dari https://klinikhijau.com/penyakit/kencing-manis/gejala-diabetes/

Posting Komentar untuk "Gejala Diabetes Dan Beda Tanda Spesifik Antara Tipe 1 Dan 2 Gejala Diabetes Rendah"